Blue Chrysanthemum

Blue Chrysanthemum

Jumat, 28 Februari 2014

contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

I.       Identitas Mata Pelajaran
a.       Nama Sekolah                   : SMA Negeri .. Samarinda
b.      Mata Pelajaran                  : Biologi
c.       Kelas/Smester                   : X/2
d.      Jumlah Pertemuan             : 1 x pertemuan
e.       Alokasi Waktu                  : 2 x 45menit
f.       Hari, Tanggal                    : Selasa, 5 Maret 2013

II.    Standar Kompetensi
3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati

III. Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

IV. Indikator
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri umum tumbuhan biji.
2.      Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan biji.
3.      Menjelaskan siklus hidup tumbuhan biji.
4.      Menjelaskan peranan berbagai jenis tumbuhan biji yang ada di lingkungan

Nilai Pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan yang dikembangkan :
Jujur, Kerja keras, Disiplin, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Berfikir logis, Tanggung Jawab, Mandiri.

V.    Tujuan Pambelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri umum tumbuhan biji.
2.      Siswa dapat menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan biji.
3.      Siswa dapat menjelaskan siklus hidup tumbuhan biji.
4.      Siswa dapat menjelaskan peranan berbagai jenis tumbuhan biji yang ada di lingkungan

VI.  Materi
Tumbuhan Biji
 



Terbagi menjadi
Tumbuhan biji tertutup
Tumbuhan biji terbuka




Terdiri dari

                                                                      

                                                                                                      Terdiri dari
1. Cycadophyta
2. Ginkgophyta
3. Coniferophyta
4. Gnetophyta
Kelas Liliopsida (Monokotil)
Kelas Magnoliopsida (Dikotil)
 




Terdiri dari
                                                           Terdiri dari
1. Caryophyllaceae
2. Magnoliaceae
3. Ranunculaceae
4. Papaveraceae
5. Cruciferae
6. Rosaceae
7. Leguminosae
8. Malvaceae
9. Cactaceae
10. Umbelliferae
11. Labiatae
12. Solanaceae
13. Compositae

1. Liliaceae
2. Palmae
3. Gramineae
4. Orchidaceae
5. Musaceae
6. Zingiberaceae
 









VII.                      Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model           :  Kartu arisan
2.      Metode   : Ceramah, Diskusi, Permainan, Tanya jawab, dan  Pemberian tugas.

VIII.                   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (5 menit)
a.    Apersepsi/motivasi
-   Guru bertanya kepada siswa“ Pernahkah kalian melihat pohon belinjo dan mangga ?
Motivasi
-   Jika pernah, apa kalian pernah memperhatikan buah atau bijinya?
b.    Guru menanyangkan dan menjelaskan topik pembelajaran tumbuhan biji.
c.    Guru menanyangkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran
d.   Guru menekankan kepada siswa  agar dapat mencapai tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan inti (55 menit):
Eksplorasi (15 menit)
a.       Guru menjelaskan materi tenteng tumbuhan biji.
b.      Guru  menayangkan materi pelajaran tentang tumbuhan biji melalui media power point secara singkat.
 Elaborasi (35 menit) :
a.    Guru  membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen untuk berdiskusi tentang materi yang disampaikan.
b.    Guru kemudian memberikan kertas  jawaban kepada masing-masing siswa dan kertas soal dimasukan kedalam gelas
c.    Gelas yang telah berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh diberikan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban.
d.   Siswa disiplin mendengarkan  aturan permainan yang dibacakan  oleh  Guru
e.    Dengan jujur dan berfikir logis,serta mandiri siswa menjawab pertanyaan dari kertas soal yang keluar
f.     Siswa dengan penuh rasa tanggung jawab dan komunikatif  berdiskusi dengan teman-temannya tentang kebenaran jawabannnya.
g.    Apabila jawaban benar maka siswa dipersilakan tepuk tangan atau yel-yel lainnya.
h.    Setiap jawaban yang benar diberi poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para anggotanya.
i.      Guru sebagai fasilitator, moderator dan motivator mengamati jawaban setiap siswa
Konfirmasi (10 menit) :
b.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan mengenai materi yang disampaikan.
c.       Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari mengenai tumbuhan biji.
d.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Penutup (5 menit)
Guru memberikan tugas pada siswa untuk mempelajari materi yang berhubungan dengan tumbuhan biji sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran dirumah.

I.                   Alat, Bahan dan Sumber Belajar
a.       Alat
-       Laptop
-       LCD
b.      Bahan
-       LKS
-       Bahan presentasi
-       Slide
c.       Sumber Belajar
-       Istamar Syamsuri dkk. 2004. Biologi Jilid 1B Untuk SMA Kelas X Smester 2. Erlangga: Jakarta.
-       Buku-buku yang relevan dan internet.

       X.               Penilaian dan Evaluasi
a.       Penilaian Proses
1.      Lembar Observasi
2.      Evaluasi Materi
Lembar Observasi
No.
Nama Siswa
Kognitif
AFEKTIF
KB
MP
MPD
K
D















Keterangan :
      KB      :           Kemampuan Bertanya
      MP      :           Menjawab Pertanyaan
      MPD   :           Mengemukakan Pendapat
      K         :           Keseriusan
      D         :           Disiplin
     
Nilai   
      Nilai
      fo         :           frekuensi Observasi
      fe         :           frekuensi harapan

b.      Produk
Evaluasi Materi
Essay
1.      Jelaskan perbedaan bunga lengkap dan bunga tidak lengkap!(25 poin)
2.      Sebutkan dua kelas pada angiospermae!(15 poin)
3.      Jelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil!(20 poin)
4.      Jelaskan 4 macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari!(25 poin)
5.      Sebutkan 4 divisi yang temasuk dalam gymnospermae! (15 poin)

Jawaban
XI.             Rubrik Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar