RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
I.
Identitas
Mata Pelajaran
a.
Nama Sekolah :
SMA Negeri .. Samarinda
b.
Mata Pelajaran :
Biologi
c.
Kelas/Smester :
X/2
d.
Jumlah Pertemuan :
1 x pertemuan
e.
Alokasi Waktu :
2 x 45menit
f.
Hari, Tanggal :
Selasa, 5 Maret 2013
II.
Standar
Kompetensi
3.
Memahami manfaat keanekaragaman hayati
III. Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan
ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan
hidup di bumi
IV. Indikator
1. Mengidentifikasi
ciri-ciri umum tumbuhan biji.
2. Menjelaskan
cara-cara perkembangbiakan tumbuhan biji.
3. Menjelaskan
siklus hidup tumbuhan biji.
4. Menjelaskan
peranan berbagai jenis tumbuhan biji yang ada di lingkungan
Nilai Pendidikan
karakter dan pendidikan kewirausahaan yang dikembangkan :
Jujur, Kerja keras, Disiplin, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Berfikir logis, Tanggung Jawab, Mandiri.
V. Tujuan Pambelajaran
1. Siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri umum tumbuhan biji.
2.
Siswa dapat menjelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan
biji.
3.
Siswa dapat menjelaskan siklus hidup tumbuhan biji.
4.
Siswa dapat menjelaskan peranan berbagai jenis tumbuhan
biji yang ada di lingkungan
VI. Materi
Tumbuhan Biji
|
Terbagi menjadi
|
Tumbuhan biji
tertutup
|
Tumbuhan biji
terbuka
|
Terdiri dari
|
Terdiri
dari
1. Cycadophyta
2. Ginkgophyta
3. Coniferophyta
4. Gnetophyta
|
Kelas Liliopsida
(Monokotil)
|
Kelas
Magnoliopsida (Dikotil)
|
Terdiri
dari
Terdiri
dari
1. Caryophyllaceae
2. Magnoliaceae
3. Ranunculaceae
4. Papaveraceae
5. Cruciferae
6. Rosaceae
7. Leguminosae
8. Malvaceae
9. Cactaceae
10. Umbelliferae
11. Labiatae
12. Solanaceae
13. Compositae
|
1. Liliaceae
2. Palmae
3. Gramineae
4. Orchidaceae
5. Musaceae
6. Zingiberaceae
|
VII.
Model dan
Metode Pembelajaran
1. Model :
Kartu
arisan
2. Metode : Ceramah, Diskusi, Permainan, Tanya jawab, dan
Pemberian tugas.
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan awal (5 menit)
a.
Apersepsi/motivasi
-
Guru bertanya kepada siswa“ Pernahkah kalian melihat pohon belinjo dan
mangga ?
Motivasi
-
Jika pernah, apa
kalian pernah memperhatikan buah atau bijinya?
b.
Guru menanyangkan dan menjelaskan topik pembelajaran tumbuhan
biji.
c.
Guru menanyangkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran
d.
Guru menekankan kepada siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran
2. Kegiatan inti (55 menit):
Eksplorasi (15 menit)
a.
Guru menjelaskan
materi tenteng tumbuhan biji.
b.
Guru menayangkan materi pelajaran tentang tumbuhan
biji melalui media power point secara singkat.
Elaborasi (35 menit)
:
a.
Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok secara heterogen untuk berdiskusi tentang materi yang
disampaikan.
b.
Guru kemudian memberikan kertas jawaban kepada masing-masing siswa dan kertas
soal dimasukan kedalam gelas
c.
Gelas yang telah berisi gulungan soal dikocok, kemudian
salah satu yang jatuh diberikan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu
jawaban.
d.
Siswa disiplin mendengarkan aturan permainan yang dibacakan oleh
Guru
e.
Dengan jujur dan berfikir logis,serta mandiri
siswa menjawab pertanyaan dari kertas soal yang keluar
f.
Siswa dengan penuh rasa tanggung jawab dan komunikatif
berdiskusi dengan teman-temannya
tentang kebenaran jawabannnya.
g.
Apabila jawaban benar maka siswa dipersilakan tepuk
tangan atau yel-yel lainnya.
h.
Setiap jawaban yang benar diberi poin 1 sebagai nilai
kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para
anggotanya.
i.
Guru sebagai fasilitator, moderator dan motivator
mengamati jawaban setiap siswa
Konfirmasi (10
menit) :
b.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan mengenai materi
yang disampaikan.
c. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi
yang telah dipelajari mengenai tumbuhan biji.
d.
Guru bersama
siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Penutup (5 menit)
Guru memberikan tugas pada siswa untuk mempelajari materi yang berhubungan dengan
tumbuhan biji sebagai bahan evaluasi
dan pembelajaran dirumah.
I.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
a. Alat
-
Laptop
-
LCD
b.
Bahan
-
LKS
-
Bahan presentasi
-
Slide
c.
Sumber Belajar
-
Istamar Syamsuri dkk. 2004. Biologi Jilid 1B Untuk SMA Kelas X Smester 2. Erlangga: Jakarta.
-
Buku-buku yang relevan dan internet.
X.
Penilaian
dan Evaluasi
a.
Penilaian Proses
1.
Lembar Observasi
2.
Evaluasi Materi
Lembar Observasi
No.
|
Nama Siswa
|
Kognitif
|
AFEKTIF
|
|||
KB
|
MP
|
MPD
|
K
|
D
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
KB : Kemampuan
Bertanya
MP : Menjawab
Pertanyaan
MPD : Mengemukakan
Pendapat
K : Keseriusan
D : Disiplin
Nilai
Nilai
fo : frekuensi
Observasi
fe : frekuensi
harapan
b.
Produk
Evaluasi Materi
Essay
1.
Jelaskan perbedaan bunga lengkap dan bunga tidak
lengkap!(25 poin)
2.
Sebutkan dua
kelas pada angiospermae!(15 poin)
3.
Jelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil!(20
poin)
4.
Jelaskan 4 macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk
sari!(25 poin)
5.
Sebutkan 4
divisi yang temasuk dalam gymnospermae! (15 poin)
Jawaban
XI.
Rubrik
Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar